Soto Ayam

08 Agustus 2011

Soto Ayam

Bahan-bahan :

1. 1/2 ekor ayam ( dari perut keatas atau dari perut kebawah di goreng suwir-suwir...tulangnya bisa dimasukkan ke kuah soto ).
2. 1 0ns Kol ( diiris tipis-tipis )
3. 1 ons tauge ( di buang akarnya atau bisa buat sendiri )
4. 1 batang daung bawang ( iris tipis )
5. 5 batang daun sop ( iris tipis )
6. 2 ons kacang tanah ( digoreng )
7. 2 tomat merah ( diiris tipis bulat atau memajnag sesuai selera )
8. Mie hun atau Mie soon

Bumbu halus :

1. 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, seruas kunyit, 2 biji kemiri, sedikit merica.
2. 1 batang serey, seruas jahe, sekepal lengkuas ( di geprak ) + 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk.

Pelengkap :

1. Jeruk sambal
2. Bawang goreng
3. Beberapa biji cabe rawit di rebus dengan sedikit air soto , setelah matang giling halus untuk pelengkap soto bagi yang ingin pedas .

Cara membuat :

1. Buat kaldu ( ayam sebelum di goreng kita rebus ambil kaldunya ).
2. Kaldu ayam di tambah secukupnya air sesuai selera di rebut hingga mendidih.
3. Sisa ayam yang sudah di ambil dagingnya bisa di masukkan kedalam rebusan air kuah.
4. Bumbu halus di tumis dengan sedikit minyak bersamaan dengan lengkuas, jahe, serey, daun salam dan daun jeruk kemudian di masukkan kedalam rebusan kuah.
5. Beri penyedap rasa atau masako sesuai selera.
6. Setelah matang dan rasa mantap masukkan irisan daun bawang.
7. Kuah soto siap di hidangkan bersama dengan bahan dan pelengkapnya.

Cara menyajikannya :

1. Mie, kol, tauge, ayam, kacang goreng, daun sop, bawang goreng, tomat, siram kuah.....( sangat enak bila masih dalam keadaan panas ).

Note :
Bahan-bahan yang saya sajikan diatas bisa di nikmati sebanyak 8 orang atau lebih....

Selamat mencoba.......

4 komentar:

umiabie mengatakan...

wah soto ayam nya, enak menggoda.. Salam kenal..

Nchie mengatakan...

Suka bingung kalo memasak
Menu apalagi,kadang membosankan ya..
Nah..nah..boleh juga soto ayamnya,
kayaknya cocok buat buka puasa nanti sore..

makasih idenya..

Orin mengatakan...

wah..bumbu lengkap ya, di dapur saya cuma ada bawang merah/putih sm lada aj nih hihihi... tengkyu resepnya, suatu saat harus dicoba ah ;)

Mulyani mengatakan...

Umiabie : salam kenal kembali

Nchie : sama-sama

Orin : ditunggu

Poskan Komentar

Rasa nikmat bila lapar terobati, Rasa senang bila dikomentari